7 Kebiasaan Manusia yang Kurang Efektif


Inspirasi Kita7 Kebiasaan Manusia yang Kurang EfektifHati-hatilah dengan kebiasaanmu. Kebiasaanmu bisa mengantarkanmu pada hal positif maupun negative, kesuksesan maupun kegagalan. Latihlah kebiasaanmu mulai dari sekarang menjadi kebiasaan yang bernilai baik. Pada awalnya ia hanyalah sebuah kebiasaan saja, lama-kelamaan ia berubah menajadi karakter kita. Maka ketahuilah terlebih dahulu, apakah kebiasaan itu berdampak baik bagi kita atau justru merugikan kita.

Sumber Gambar: https://www.finansialku.com

Berikut akan saya tulisakan 7 kebiasaan yang dapat menghambat kita serta tidak efektif dalam kehidupan  yang saya kutip dari buku The Seven Habbits of Highly Teens karya Sean Covey, Silahkan menyimaknya:

1.      Bersikap Reaktif

2.      Tidak Punya Tujuan Akhir

3.      Melupakan Yang Utama

4.      Berusaha Untuk Selalu Menang

5.      Berusaha bicara dulu, baru kemudian pura-pura memahami

6.      Tidak Mau Bekerja Sama

7.      Mati-matian Walau Sudah Capek


Baca juga: 

1.      Bersikap Reaktif

     Selalu melaemparkan kesalahan pada orang lain. Merasa dirimu  cuma korban saja.  Tidak mau berjtanggung jawab kepada hidup sendiri. Bersikap irip binatang, kalau lapar, makan. Kalau orang lain membentakmu, balas bentak. Kalau melakukan hal yang jelas-jelas keliru, justru malah dilakukan.

2.      Tidak Punya Tujuan Akhir

     Tidak mempunyai rencana. Bepikiran bahwa hidup ya untu hari ini, seolah besok ndak ada hari. Tidak mau memikirkan, dampak-dampak dari perubuatan yang kita lakukan. Tidur sesukamu, berpesta pora terus menerus, sebab pada dasarnya semua manusia juga akan mati kan?

3.      Melupakan Yang Utama

     Tidak usah mengerjakan hal yang penting dalam hidup. Nonton TV over, ngobrol tiada habis-habisnya kayak orang gak ketemu 30 tahun, mejeng terus-terusan. Menunda-nunda tugas, intinya ndak kamu melakukan hal-hal yang sehrusnya tidak penting. Tidak punya pioritas.

4.      Berusaha Untuk Selalu Menang

     Pandanglah hidup ini sebagai persaingan yang kejam. Kamu harus menag, yang lain harus kalah. Jangan biarkan teman sekelasmu mengalahanmu, kalau itu terjadi kamu pasti yang kalah. Jangan biarkan orang lain sukses, kalau itu terjadi itu akan membuatmu menjadi manusia gagal. Kalau kamu tahu akan gagl, buatlah pesaingmu gagal juga. Kalau saya gagal orang lain harus gagal juga.

5.      Berusaha bicara dulu, baru kemudian pura-pura memahami

     Pastikanlah kamu banyak bicara. Toh, sudah kodratnya manusia banyak bicara. Ungkapkanlah pandanganmu dulu. Kalau sudah yakin orang lain mendengar dan memahami, baru pura-pura mendengarkan. Mengangguk – angguk seolah mendengarkan, dan menjawab, “ Oh gitu ya,”. Atau bilang saja kamu ingin menndengarkan pandangan mereka, padahal hanya pura-pura.

6.      Tidak Mau Bekerja Sama

     Jangan mau bekerja sama dengan orang lain, toh mereka selalu punya gagsan yang beda dan tentu itu aneh. Mengapa harus akur dengan mereka? Kalau kamu punya gagasan paling baik, mendng kerjain sendiri. Ah, persetan orang lain, menghambat saja.

7.      Mati-matian Walau Sudah Capek

 Sibukkanlah dirimu sedimikian rupa hingga tidak meluangkan untuk memperbaiki diri. Tidak belajar hal baru. Tidak olahraga. Tidak mau cari inspirasi yang lain, lewat bukukah, lewat Korankah dll.

Mungkin di antara kamu masih terjebak dalam kebiasaan di ata tadi, baik sedikit maupun banyak. . Marilah ubah kebiasaan kita ke arah kebiasaan yang efektif dan  postif. Karena kebiasaan bisa menghambat hidupmu atau membantumu. 

Berikut ada kata-kata dari orang bijak gaes,

Jagalah pikranmu, karena ia akan menjadi ucapanmu. Jagalah ucapanmu, karena ia akan menjadi tindakanmu. Jagalah tindakanmu, karena ia akan menjadi kebiasaanmu. Jagalah kebiasaanmu, karena ia akan menjadi karaktermuJagalah karaktermu, karena ia akan menjadi nasibmu.

Salam Inspirasi.

Baca juga: 
Previous
Next Post »