6 Peluang Usaha Rumahan yang Menguntungkan dengan Modal Kecil serta Cocok untuk Semua Kalangan


6 peluang usaha rumahan yang menguntungkan dengan modal kecil serta cocok untuk semua kalanganLapangan pekerjaan semakin sulit, ditambah lagi adanya pasar bebas yang sudah digulirkan pemerintah membuat orang Indonesia harus super keras untuk memeras keringat demi menuai pundi-pundi rupiah. Sebab banyak produk-produk luar negeri yang membanjiri pasar tanah air serta SDM-nya juga.


Membuka usaha merupakan alternatif yang bagus untuk menambah penghasilan. Entah itu sekala yang besar, sedang atau kecil. Apakah itu pabrikan atau kah rumahan. It’s okay? Mengapa tidak.
Gambar: maxamin.net
Inspirasi kita kali ini akan membahas 6 peluang usaha rumahan yang menguntungkan dengan modal kecil serta cocok untuk semua kalangan . Usaha ini bisa kamu kerjakan sebagai sampingan bila kamu seorang karyawan, tidak ada salahnya pula ibu-ibu rumah tangga mencobanya daripada sibuk ngegosipin tetangga yang baru beli motor baru. Bahkan ini juga cocok buat kamu yang masih berstatus pelajar, sebab jenis-jenis usaha ini tergolong murah dan tidak begitu ribet. Mari. Let’ do it! And Getting inspirations.

Di bawah ini akan saya tuliskan, peluang-peluang usaha rumahan dengan modal kecil  serta cocok bagi semua kalangan:


1. Membuka Les privat

Membuka les privat merupakan salah satu alternative yang cocok buat kamu yang memiliki sebuah keahlian atau ketrampilan. Tanpa mengurangi aktivitas pekerjaan utama, sebab waktu les privat relaif fleksible, bisa sore atau malam. Tergantung kesepakatan.
Membuka bimbingan les privat tidak membutuhkan modal yang besar serta bisa dilakaukan di rumah. Hanya perlengkapan mengajar saja yang dibutuhkan, seperti papan tulis spidol, meja, kursi dan sebagainya.

Perlu kamu ketahui, les privat tidak hanya spesifik pada pelajaran sekolah saja, seperti bahasa inggris, matematika, fisika, kimia dan sebagainya. Kamu juga bisa membuka les privat atau kursus seperti menjahit, bengkel, memasak, dan sebagainya. Dan tentunya kamu bisa bekerjasama dengan teman kamu yang punya skill atau ketrampilan yang diinginkan.

2. Peluang Usaha Dropshiper

Sistem dropshiper sebenarnya mirip dengan resaller. Bedanya dropshiper modalnya lebih kecil atau  tanpa modal sama sekali.  Peluang usaha ini sangat menguntungkan. Kamu hanya perlu hanphone serta koneksi internet untuk melakukan usahamu. Tanpa modal alias gratis bukan?

Kamu hanya perlu menyetok barang dari supplier, kemudian bisa sesuka hati kamu memasarkan aneka barang via online atau offline. Caranya, ketika ada yang mau beli, kamu hanya tinggal bilang saja sama supplier-mu. Kemudian supliermu akan mengirimkan barang ke pembeli atas namamu. Sangat simple kan?

3. Rental Playstasion

Peluang usaha rumahan  selanjutnya yakni rental PS. Usaha ini cukup menjanjikan karena dari tahun ke tahun tidak pernah mti peminatnya.  Meskipun jaman sudah mulai canggih, sudah ada smartphone, iphone dll. Playstation mempunyai daya tarik tersendiri bagi peminatnaya. Ditambah lagi jika kamu pandai memanajemen usaha yang satu ini, bukan tidak mungkin akan semakin berkembang. Jika kamu orang yang super sibuk, kamu bisa merekrut orang untuk menjaganya. Hehe kamu jadi boss deh,

Modalnya memang agak besar untuk membeli televisi, plasystasion, serta stiknya. Kalau rumah kamu cukup luas, kamu tidak perlu sewa tempat untuk menjalankan bisnis ini, apalagi rumahmu deket jalan raya atau keramaian. Wuhh, pasti rame tuh.
Tenang saja, memang modalnya cukup besar untuk skala rumahan. Tapi ingatlah, bila kamu mengelolanya dengan baik, dalam waktu singkat kamu akan mudah mengembalikan modalnya.

4. Jualan Tabung Gas.

Ya, mengapa tabung gas, kayak gak ada yang lain gituh? Tenangkan dulu pikirmu gaes. Mengapa jualan tabug gas saya masukkan ke daftar peluang usaha rumahan yang menguntungkan untuk pemula. Sebab sekarang tabung gas udah menjadi barang pokok di masyarakat. Orang mau masak bukan lagi pakai kayu bakar, melainkan tabung gas. Ya, sebenarnya ini merupakan progam konversi pemerintah sih, dari minyak ke tabug gas.

Pengalaman ibu saya ini gaes, jualan tabung gas eceran. Ketika ibu saya baru saja kulakan dari agen, eh para tetangga udah langsung pada ngantri. Bahkan banyak yang ngantri jauh-jauh hari sebelum beli tabung.  Jadi sangat laku keras dan banget.

Kalau kamu punya cukup modal, bisa saja kamu jadi agen gas untuk kamu jual retail di toko-toko atau orang. Pastinya banyak yang carai dan butuh. Di jamin bisnis rumahan yang ini sangat menguntungkn gaes.

5. Produksi Kerupuk

Gambar: keripik.co.id
Usaha yang satu ini gak ada matinya. Karean kerupuk mempunyai peminat yang sangat besar di masyarakat. Ia bisa dimakan sebagai camilan atau lauk sebaai pendamping makanan nasi. Asal bisa membuat rasa yang unik saja, tentu pelanggan akan ketagiahan untuk membelinya.
Di beberapa daerah kerupuk banyak sekali menjadi usaha rumahan yang justru membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Untuk itu tidak ada salahnya kamu mencoba menggeluti usaha ini, modalnya berkisar di bawah 7 jutaan. Tergantung daya produksi yang kamu targetkan.

Namun, untuk memutuskan  benar-benar mengeksekusinya, alangkah baiknya kamu melakukan riset. Riset ke produsen krupuk, apa saja bahannya, cara mengolahnya, alatnya seperti apa lalu kamu bandingkan dengan tempat lain sehingga tercipta rasa baru yang khas.

6. Membuka Jasa menjahit

Yang terakhir, peluang usaha rumahan  yang menguntungkan dengan modal kecil serta cocok untuk semua kalangan yakni menjadit. Menjahit? Ya, menjahit bukan hanya pekerjaan perempuan atau ibu-ibu saja. Laki-laki pun sudah banyak yang membuka jasa jahit.

Maka, menjahit dapat menjadi pilhan usaha kamu, selain modalnya kecil (mesin jahit dan ketrampilannya), kebutuhan orang menjahit tak perah sepi. Apalagi pada musim-musim tertentu serta punya pelanggan tetap, dijamin kamu akan banyak orderan. Selamat mencoba!

Nah, itulah uraian mengenai peluang usaha rumahan yang menguntungkan dengan modal kecil serta cocok untuk semua kalangan. Saya punya punya kata-kata mutiara dari Stave Jobs, pemilik Apple  Gaes “Jika saya mencoba yang terbaik dan gagal, setidaknya saya telah melakukan yang terbaik.” Semoga bermanfaat. Salam Inspirasi!!


Previous
Next Post »