Peluang Usaha Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa dan Profesi lainnya

Inspirasi KitaPeluang usaha sampingan yang cocok untuk mahasiswa dan profesi lainnya-Teman-teman yang sedang kuliah atau punya profesi tetap lainnya dan ingin mendapat penghasilan tambahan lagi? Tenang jangan galau, jangan bingung. Di posting kali ini saya akan memberikan rekomendasi peluang usaha sampingan yang sangat cocok buat kalian yang masih duduk di bangku uliah, atau sudah memiliki profesi, tetapi kurang puas akan penghasilan. Bahkan  peluang usaha ini, bisa kamu tekuni bagi kamu yang masih sekolah sekali pun.


Gambar: treniyusufmansur.com

Dan yang pasti usaha ini tak perlu banyak modal. Ubah mindset usaha memerlukan modal yang besar. Kamu tak perlu repot-repot pinjam uang ke bank. Meskipun ini usaha sampingan apabila ditekuni dengan sungguh-sunggu dengan strategi yang tepat bukan tak mungkin justru malah sangat mengahasilkan.


1. Membuat Warung Kopi

 Membuat warung kopi merupakan usaha sampingan yang menjanjikan. Apabila rumah kamu dekat dengan area industri, kampus, pasar atau kamu bisa buat stand di tempat yang ramai.

Kita kalkulasi dulu, bila harga kopi 1.500 – 2.000 kemudian kita jual 4.000 – 5. 000 bayangkan keuntungannya bila semalam saja ada sekurangkurangnya 50 orang pelannggan. Berarti 2.000 x 50, belum lagi dari hasil produk lain seperti es the, jus, gorengan, kacang hingga mie.  Sungguh menggiurkan bukan?

Apabila omsetnya semakin bertambah Anda bisa menambah produksi bahkan buka cabang. Hanya diperlukan modal 10 juta ke bawah untuk melakukan spekulasi bisnis ini. Modal ini di alokasikan untuk  membeli bahan, peralatan atau sewa tempat bila bukan di rumah.

2.   Les Privat

Ini cocok buat kamu menguasai keilmuan atau ketrampilan tertentu. Semisal music, bahasa inggris, matematika, ngaji dan sebagainya. Aangkah bahagianya bukan, belajar tapi dibayar. Dengan menransferkan ilmu kamu ke anak didik kamu ilmu kamu bukannya berkurang justru makin terasah.

Untuk penetapan tarifnya itu terserah kamu. Kamu bisa pasang tariff kayak di bimbel atau tariff umumnya yang berlaku di daerah kamu. Mungkin kamu kasih tariff setengah harga. Kereb bukan selain mengamalkan ilmu, dapat uang, saling berbagi kepada sesame lagi.

Untuk modalnya sangat murah, kalau Anda sudah punya lokasi sendiri hanya butuh spidol , papan tulis, penhghapus dsb. Bahakan kalau kamu ngajarnya dirumah klien kamu hanya perlu kendaraan saja untuk menuju rumah klien kamu. Menarik kan?

3.  Jasa Penerjemah

Peluang usaha sampingan bagi kamu mahsiswa atau kariawan yakni jasa penerjemah. Pekerjaan ini bisa kamu lakukan dengan santai, mungkin saat akan hendak berangkat dan pulang kerja atau kuliah. Bahkan usaha ini cocok untuk mengisi kekosongan waktu senggang atau liburan.

Pekerjaan yang hampir tanpa modal bukan? Yang kamu butuhkan hanyalah laptop, kamus dan tersambung ke jarinan internet bila perlu. Kamu juga bisa memanfaatkan google translate untuk membantu penerjemahan.




Baca  juga:



 4.  Membuat Blog

Percaya atau tidak, blog merupakan usaha sampingan yang menjanjikan. Anda bisa mengeruk pundi-pundi rupiah dari blog.

Syaratnya yakni membuat postingan tulisan berkualitas dan berkomitmen. Mulailah menulis beranjak dari apa yang kamu senangi, semisal kamu mahasiswa jurusan computer. Tulis saja artikel yang berkaitan dengan computer. Atau mungkin Kamu seorang pendidik, kamu bisa menulis cara, metode apa saja yang berkaitan dengan pendidikan. Menulis apa yang dikuasai tentu memudahkan kita melangkah selanjutnya.

Yang terpenting kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar satu jutaan untuk modalnya. Ini dialokasikan untuk membeli hosting dan domain dari penyedia  hosting lokal. Kamu juga bisa memanfaatkan platform gratisan seperti blogspot atau word press untuk ngeblok.

Kalo blog kamu ramai kamu bisa memroleh uang melalui Google Adsense dan jasa pengiklanan. Hehe kalau saya mah, baru belajar yang satu ini.

 5. Jualan Pulsa

Gambar: 1.bp.blogspot.com

Usaha sampingan yang satu ini cukup menggiurkan. Berkenaan dengan meningkatnya pengguna telepon seluler tentu permintaan pulsa semakin naik. Pengalaman saya dulu sebagai agen pulsa, kamu bisa menjual pulsa secara langsung ke teman atau pelanggan kamu. Pulsa juga kamu bisa kamu jual ke penjual pulsa eceran (posisi kamu sebagai agen). Bahkan kamu bisa sebagai bos dari agen pulsa (master dealer). Namun untuk agen pulsa dan master dealer butuh model lebih besar.


Jualan pulsa elektrik cukup menjanjikan asal ditekuni dengan sungguh-sunguh. Yang terpenting perbanyaklah pelanggan atau downline kamu.

6.  Online Shop

Peluang usaha sampingan yang terakhir yakni online shop. Usaha ini beberapa tahun terakhir ini sangat marak dan menjamur. Yang dimaksud online shop bukan berarti kamu harus punya toko online, melainkan kamu memasarkan barang kamu secara online. Entah itu baju, makanan, kerajinan, atau jasa traveling dll. Karena pasar di media online sangat potensial, mengingat semakin hari pengguna internet makin ramai.Bisnis ini cocok untuk semua umur dan kelamin. Bisa remaja dewasa, laki-laki hingga perempuan. Penting punya 

koneksi internet untuk memasarkan barang. Sosial media yang dipakai biasanya facebook, twiter, instagram, bbm, watshap dan sebagainya.

Bila kamu ingin bisnis onlinemu berkembang cepat, kamu bisa minta jasa orang untuk membuat website agar bisnismu semakin dikenal orang. Dan kemungkinan, semakin banyak yang tahu daya belinya pun tinggi








Peluang-peluang usaha sampingan dan tips di atas tak akan berfungsi sama sekali jika tak diamalkan. Karena berbisnis itu identic dengan action atau aksi. Saya kutipaka kata-kata motivasi dari almarhum Bob Sadino “Bisnis yang paling baik adalah yang dilakukan.” Salam Inspirasi!!




Previous
Next Post »