10 Tips Sukses di Usia Muda

    Inspirasi Kita 10 Tips Sukses Di Usia Muda - Hidup adalah pilihan. Hehe tapi bukan pilihan ganda lhoh, Gan. Tidak ada salah dalam pilihan hidup, sebab pilihan ada konsekuensinya. Sukses pun demikian. Setiap orang pastinya ingin dan berandai-andai untuk sukses.  Apalagi sukses di usia mudah. Woh, pasti sudah menjadi agenda besar dalam hidup. Kenyataanya kebanyakan hanya berandai-andai saja. Menjadi wacana yang terus tersembunyi dalam dunia nyata.

     Kesuksesan tidak turun begitu saja dari langit, melainkan harus diupayakan. Dan yang perlu ditamakan dalam-dalam di pikiran kita bahwa setiap orang punya peluang sukses. Bahkan semuda mugkin. Jika orang lain bisa, kenapa saya tidak.

Gambar: http://www.google.co.id

     Saya pernah dengar kutipan dari seorang tokoh, orang yag sukses mempunyai kebiasaan sukses. Oleh sebab itu penting kiranya kita mengetahui apa kebiasaan-kebiasaan itu. Klik di sini
     Selain itu, strategi sangat diperlukan untuk dijadikan arah  meraih kesuksesan. Ibarat mau naik gunung, harus tahu jalan yang akan ditempuh, jaraknya, medannya, di mana kita harus istirahat, peralatan, dan sebagainya.
     Mari kita bahas satu persatu strategi dan langkah sukses di usia muda:

1.  Punya Impian dan Niat yang Kuat

     Impian sangat penting untuk meraih kesuksesan. Bermimpilah se-spesifik mungkin, karena itu akan memudahkanmu meraihnya. Perbanyaklah impianmu kemudian catatlah. Meminjam kata-kata Andrea Hirata, “Bermimpilah maka mimpimu akan memelukmu.”
     Jangan lupakan! Niat yang kuat juga diperlukan untuk mewujudkan mimpimu. Percuma mempunyai impian semata, namun nggak punya niat yang kuat di dalam hati.

2.   Motivasi

     Banyak orang tak meyadari bahwa motivasi berperan besar dalam diri seseorang untuk meraih kesuksesan. Saya uraikan singkat tentang apa yang disebut motivasi. Ia berasal dari kata motif yang berarti segala sesuatu yang mendorong sesorang untuk bertindak melakukan sesuatu. Ibarat kendaraan bermotor ia yang menjadi bahan bakar. Bayangkan saja sepeda motor tanpa bahan bakar.
     Orang yang tak punya motivasi biasanya akan bermalas-malasan. Tidak mau berusaha dengan giat apa yang ingin diraihnya. Atau pun orang yang tak memiliki motivasi kuat biasanya mudah menyerah dan putus asa. Apabila kegagalan menimpanya, ia tak mudah bangkit lagi.
     Sampai di sini, milikilah motivasi yang kuat, entah itu dari keluarga, ingin sukses di usia muda, ingin bermanfaat bagiorang lain atau malahan ingin membuktikan kepada calon mertua bila kamu mampu untuk sukses. Do it!!

3.  Punya Prioritas

     Kerap kali orang ingin sukses, namun tak memprioritaskan bila sukses itu penting bagi mereka. Dalam artian sesuatu yang harus dikerjakan untukmerih kesuksesan. Kamu pengen sukses, mulailah membuat skala prioritas, mana yang penting sekali untuk dikerjakan, mana yang penting, cukup penting hingga yang tidak penting. Tentukanlah! Karena prioritas akan menghindarkan kamu dari apa yang seharusnya kamu kerjakan, justru terbengkalai.

     4.  Tentukan Jangka Waktu

     Tentukanlah jangka waktu kamu meraih target atau impianmu. Dalam catatan tadi tambahkanlah jangka waktu yang kamu butuhkan. Terlebih bagi kamu yang ingin sukses di usia muda.
     Semisal, tiga tahun lagi saya harus punya rumah. Bisa juga, sebelum lulus kuliah saya harus punya bisnis. Jangka waktu ini sangat bermanfaat sekali, agar kamu efisien dalam menggunkan waktu.

      5.   Strategi khusus

     Seorang yang sukses biasanya memiliki cara atau strategi khusus untuk meraih impiannya. Sudah saya contohkan di awal tadi, ibarat kamu mau naik gunung, kamu harus benar-benar tahu jalan, medannya seperti apa, membawa peralatan, dan sebagainya. Kamu harus punya cara khusus untuk itu. Maka dari itu riset sangat diperlukan.

6.   Aksi

     Setelah kita mempunyai impian, niat yang kuat, motivasi, memprioritaskan yang penting, jangka waktu kapan impian harus tercapai, strategi khusus kamu harus segera melakukan itu semua. Sukses itu bukan wacana melainkan wacana yang dibuat jadi kenyataan.
     Hambatan pasti ada, resiko gagal juga sangat mungkin. Setelah kamu benar-benar melakukan 5 langkah di awal tsdi seharusnya kamu tak akan mudah pantang menyerah. Tanyalah orang yang sukses, entah itu sedikit atau banyak pasti pernah menglami kegagalan. Ada sebuah kata-kata keren , “Habiskanlah kegagalan dimasa mudamu.”

7.  Pantang Menyerah

     Pantang menyerah dan ulet adalah sikap yang harus kamu miliki. Hal sepele bisa saja membuatmu gagal bila kamu mnyerah. Singkat saja, orang dikatan gagal apabila ia menyerah untuk mencoba. Padahal bisa saja kesuksesan satu langkah saja di depan kita.

8.  Melakukan Evaluasi

     Bahasa sederhananya yaitu belajar dari kegagalan. Kamu haris mempelajari apa saja yang membuatmu gagal, serta bagaimana cara mengatasinya. Oleh sebab itu, evaluasi juga diperlukan sebagai bahan untuk melangkah.
     Atau kalau kamu tahu sistem di perusahaan. Biasanya dilakukan tiapa bulan sekali, selain untuk mengetahui kekurangan juga mengetahui kemajuan yang diraih pada bulan-bula sebelumnya.

9.  Perbanyak Link

     Kendala orang yang ingin sukses di usia muda biasanya soal link. Karena belum banyak pengalaman dan melanglang buana, maka kenalan dan kolega masih sangat terbatas. Untuk itu segeralah perbanyak link, sebab akan memperepat kamu tumbuh. Kamu bisa bertanya, berbagi, bekerja sama hingga mencari inspirasi di sini.

10.  Tawakal dan Berdoa

     Yang terakhir yakni tawakal dan berdoa. Sebagai makhluk yang tanpa daya, sudah seharusnya usaha yan telah dikerjakan tadi pasrahkan pada yang punya kesuksesan dan segala-galanya. Serta berdoa minta dilancarkan usaha serta mendapat hasil terbaik. Sebab terbaik menurutNya selalu terbaik buat hambanya, sebaliknya apa yang kita anggap terbaik belum tentu terbaik untuk kita dan menurutNya. Berdoalah.
     Saya tekankan lagi, sukses adalah pilihan. Banyak orang bermimpi menjadi sukses, tapi tak pernah berusaha serta memahami cara-caranya adalah omong kosong.
     Tips sukses di usia muda di atas saya tulis berdasarkan pengamatan dari orang-orang sukses dan buku-buku sukses. Yuk, mari melangkah sob, jangan ragu. Sukses di usia muda adalah kebanggaan tersendiri. Salam Inspirasi!!


Jangan lupa share sob, bila artikel ini bermanfaat, Agar kawan yang lain juga mendapat manfaatnya
Previous
Next Post »