Tips dan Cara Merawat Smartphone agar Awet dan Tak Cepat Rusak




Inspirasi KitaTips dan cara merawat smartphone agar awet dan tak cepat rusak ini sangat penting bagi smartphone kamu.  Sebab, hal ini bisa menyebabkan gadget kamu aman dan peformanya stabil.


Melakukan pencegahan lebih baik dari mengobati. Seperti pada smartphone, merawat dengan benar dan baik tentu lebih baik dari pada nantinya rusak dan harus dibengkelkan. Melihat pengguna smartphone yang semakin bertambah serta tidak hanya kalangan dewasa dan remaja saja, anak-ank pun sudah menggunakan smartphone. Untuk itu, kamu harus mengetahui cara merawatnya. Tidak terlalu rumit dan tidak mahal.

Pada postingan kali ini, Inspirasi Kita akan membagikan tips dan cara merawat smartphone agar awet dan tidak cepat rusak:
Sumber Gambar: http://specials-images.forbesimg.com

1.      Bagian luar
Perawatan pada bagian ini meliputi, body, speaker, kamera. Pastkan bagian Smartphonemu bagian luar bersih dari debu. Bersihkanlah smartphonemu secara berkala dan keseluruhan. Gunakanlah pelindung seperti silicon atau kondom hp yang sesuai untuk memlindungi body smartphone dari gesekan serta benturan

Selain itu kamera dan speaker juga harus kamu perhatikan. Untuk kamera kamu bisa memasang lensa khusus pada kamera agar aman dari hal-hal yang mengganggu peforma kamera. Sedangkan untuk speaker biasanya berlubang kecil, maka selain bersihkan dari debu juga hindarkan dari air atau benda logam kecil.

2.      Bagian Sistem
Selanjutnya yaitu bagian sistem atau software. Setiap smartphone mempunyai kemampuan dan spesifikasi masing-masing, maka jangan paksakan smartphone kamu untuk menginstal banyak aplikasi apalagi game. Sebab hal ini akan berpengaruh pada OS smartphone kamu. Bisa saja lemot bahkan nge-blank.

Catatan, harap berhati-hati jika kamu menginstal aplikasi yang bersumber selain daristore resmi smartphone. Mungkin saja aplikasi tersebut mengandung virus atau malware yang bisa berbahaya bagi smartphone kamu.

3.      Tombol
Tombol memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bila digunakan terus-menerus akan menurunkan fungsi tombol. Untuk itu, kamu harus efisien dan berhati-hati dalam menggunakan tombol atau keyboard.

4.      Layar
Gunakan pelindung layar seperti anti gores atau yang lainnya untuk melindungi layar. Karena fungsi layar demikian vitalnya, maka kamu harus berhati-hati memakainya. Meskipun beberapa produk smartphone memliliki layar yang tangguh seperti gorilla glass, super amoeled, dsb. Tetap saja tidak ada salahnya kamu berhati-hati.

5.      Baterai
Cara merawat smartphone selanjutnya yakni merawat batereinya. Ya, baterei merupakan sumber daya dan energy. Sebagai penyupalai daya, ia harus mendapatan perawatan yang ekstra hati-hati. Saat menngunakan smartphone, apabila persentasi baterei mencapai 15-20 persen harap segera dicharger dan melepasnya apabila sudah penuh. Kita harus disiplin dalam melakukan ini, karena apabila baterai sampai habis atau menchargernya terlalu lama,     itu bisa mengurani peforma baterai yang mengakibatkan baterai drop.

Hal yang tak boleh kamu lalaikan dalam merawat baterai, yaitu jangan menggunakan charger yang original dari smartpone. Karena bisa saja output yang keluar dari charger lain  bisa lebih besar dan lebih kecil.

Perlu kamu ketahui, perawatan baterai yang kurang tepat dapat mengakibatkan masa  isi ulang smartphone lebih cepat menurun. Karena sebenarnya baterai mempunyai masa berapa kali isi ulang. Demikianlah perawatan baterai secara umum, sebab ada beberapa jenis dan macam baterai pada smartphone yang memerlukan perawatan khusus.

6.      Melakukan Back up Data
Agar data yang ada dalam smartphone aman, usahkanlah melakukan back up secara berkala, sesuai kebutuhan. Tanpa kita tahu, sewaktu-waktu smartphone kita bisa saja mengalami kerusakan. Bisa saja data kita hilang bersama rusaknya smartphone, maka setelah kita melakukan back up data, kita hanya perlu melakukan restore saja. Dan data akan kembali.

Oke sob, demikianlah beberapa tips sederhana yang dapat kamu lakukan untuk merawat smartphoe tetap awet dan tidak cepat rusak. Supaya pefoma luar maupun dalam smartphone tetap stabil. Tips dan cara di atas merupakan langkah umum, m saya kira  cukup untu menjaga peforma smartphonemu. Semoga bermanfaat, Sob. Salam Inspirasi!!

Bagikanlah artikel ini bila bermanfaat, agar kawan-kawan yang belum mngetahui bisa tahu sehingga memperaktekannya. Terimakasih 


Previous
Next Post »